Biaya Paten Merek  Persyaratan Serta Cara Paten Merk yang Penting Untuk Diketahui

Mendaftarkan hak paten dari satu produk, karya, serta jasa merupakan hal yang sangat penting namun masih banyak orang yang tidak ingin mengurusnya. Pada akhirnya nantinya mereka bakal rugi sendiri bila ada orang yang mengklaim karya mereka. Dengan mempunyai hak paten satu merk maka merk itu bakal dilindungi secara hukum, Kamu yang menjadi pemiliknya dapat menuntut siapa pun yang mengusik merk serta produk kepunyaan Kamu. Sebetulnya, cara mendaftar hak paten produk tidak begitu susah sebab Kamu cuma harus melengkapi sejumlah persyaratan yang gampang dibuat. Sehabis itu prosesnya bakal dilakukan dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual lalu Kamu cuma harus menunggu sampai dengan selesai serta memperoleh sertifikat hak merek.

Hak Paten

Asal merk yang Kamu daftarkan tak pernah terdaftar secara sah di Ditjen HKI oleh orang lain serta syarat yang lainnya lengkap maka bisa dipastikan hak merk bakal Kamu peroleh. Biaya untuk mengurus semua ini dapat dikatakan tidak mahal sebab terdapat banyak manfaat yang bakal diperoleh karena hal ini.

Kemudian berapakah biaya paten merk? Kamu dapat mendaftarkan hak paten oleh diri sendiri langsung kepada Ditjen HKI ataupun meminta jasa dari konsultan HKI bila ingin tahu beres. Tapi, bila Kamu minta bantuan jasa maka biaya yang bakal dikerahkan lebih banyak. Biaya untuk melakukan permohonan atas hak paten terdiri dari 3 jenis dengan rata-rata harga yang beragam. Bila pemohonnya umum maka biaya hak patennya akan lebih mahal daripada UMKM, serta instansi. Berikutnya, bila Kamu memberi spesifikasi merk dengan total 30 lembar lebih maka Kamu musti bayar tiap lembarnya, biaya untuk pengecekan substansif.

Lalu, seputar cara mendaftar brand merk simaklah pembahasan prosedurnya dibawah ini. Pertama, pemohon musti mengisi formulir yang diketik dengan total 4 rangkap. Lalu lampirkan sejumlah persyaratan diantaranya, surat kuasa khusus bila minta jasa konsultan, 3 rangkap untuk tiap-tiap klaim, abstrak serta deskripsi. Bila terdapat gambar maka kasih rangkap 3 pula, tanda pembayaran untuk biaya permohonan hak paten, tanda pembayaran paten sederhana serta pengecekan substantif. Lalu tambahan biaya klaim bila melebihi 10 klaim.

Hak Kekayaan Intelektual

Jadi, biaya paten merk lebih untuk pembayaran sebuah hak paten yang ingin dipunyai. Kemudian, prosedur lain masih ada banyak. Didalam hal penulisan klaim, keterangan, gambar, serta abstrak yang dikatakan di atas yang menjadi salah satu syarat mempunyai aturannya tersendiri yang cukup banyak. Terdapat 10 peraturan yang musti dipatuhi, menyangkut hal ini Kamu dapat menanyakannya dengan cara langsung kepada Ditjen HKI agar lebih jelas. Dan boleh juga cari informasinya di internet. Untuk lamanya proses membuat hak paten diawali dari mengajukan permohonan hingga selesai paling lama ialah Enam bulan sementara paling cepat yakni 3 bulan.

Sama halnya dengan mengerjakan paten merk, cara mendaftar merk usaha pun prosedurnya kira-kira sama namun bakal lebih banyak lagi syarat nya. Bila Kamu membangun usaha yang memproduksi serta mempromosikan satu produk maka musti memperoleh 2 buah izin. Izin kesatu bernama TDI alias Tanda Daftar Industri, izin ini diberi supaya Kamu dapat memproduksi apa pun yang jadi bisnis Kamu. Izin kedua ialah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan supaya Kamu dapat menjual produk usaha Kamu yang sudah mempunyai merk.

Nah, dengan mempunyai hak paten serta izin dari usaha serta merk Kamu maka seluruh aktivitas Kamu bakal berjalan mulus sebab seluruhnya telah resmi milik Kamu serta dilindungi secara hukum. Demikianlah pembahasan menyangkut biaya hak paten serta cara pendaftarannya yang dapat dibahas di sini. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk Kamu yang lagi mencari informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.